Cara Memperbaiki Memory Card Yang Corrupt/Rusak

By on May 14, 2010 with No Comments
banner ad
banner ad

Memory card  yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kita termasuk kepada  barang yang bisa dibilang sangat sensitif dan mudah rusak. Diantara penyebabnya bisa jadi karena Panas yang berlebihan yang diterimanya, pengaruh medan magnet yang kuat, dan juga bisa dalam bentuk kerusakan fisik, yaitu karena kesalahan kita sewaktu mencabut atau memasukkannya kembali ke slot memori. Penyebab lainnya juga bisa karena terlalu sering dipindah-pindahkannya kartu memori tersebut ke perangkat lain.

Karena itu tidak jarang dan sering sekali kita mengenal yang namanya memori corrupt atau kerusakan yang terjadi pada sistem file (bukan kerusakan fisik dari memori tersebut). Salah satu ciri-cirinya yaitu memori menjadi tidak dapat terdeteksi, atau dapat juga terdeteksi tetapi tidak bisa dibuka. Berikut beberapa cara yang dapat anda gunakan jika anda mengalami hal yang sama dengan yang saya sebutkan diatas.

Format dengan menggunakan card reader yang terhubung ke PC

  1. Keluarkan kartu memori dari ponsel anda, kemudian masukkan ke memori card reader dengan benar. Perlu saya ingatkan,  jangan sembarangan mencabut memori dari ponsel anda, karena dapat merusak memori anda sendiri. Pada ponsel-ponsel sekarang memang telah banyak terdapat memori hotswap, oleh karena itu anda harus menggunakan menu “Remove Memory” pada ponsel anda sebelum memori dicabut ketika ponsel masih aktif. Namun jika ponsel anda tidak memiliki menu “Remove Memory”, sebaiknya nonaktifkan ponsel terlebih dahulu sebelum memorinya tersebut dikeluarkan.
  2. Cari drive kartu memori (dapat dilihat di menu Windows Eksploler), misalnya pada drive (D,E,F,G,H atau lainnya). Nah, jika memori anda sudah terbaca, seterusnya klik tombol kanan mouse, dan pilih menu ‘Format’. Maka akan muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), karena itu pastikan anda memilih sistim format file FAT.
  3. Klik tombol ‘Format Now’ dan tunggu hingga selesai. Namun jika muncul pesan ‘error’ atau PC tidak bisa memformat lagi, maka anda bisa menggunakan cara lain yaitu format menggunakan menu Command.

Format dengan menggunakan Command

  1. Pada PC anda, klik ‘start’ > Run, dan ketik CMD. Maka jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.
  2. Selanjutnya ketik FORMAT h: / FS:FAT (h=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive g, maka anda tinggal tulis g)
  3. Tunggu hingga selesai. Jika masih muncul masalah pada kartu memori anda, anda bisa mencobanya lagi dengan menggunakan memory card reader lain. Tetapi jika masih terdapat hal yang sama, kemungkinan kartu memori anda telah rusak dan tidak bisa diperbaiki kembali. Anda dapat menukarkan kembali kartu memori tersebut, tentunya jika masih dalam waktu garansi.

Format dengan menggunakan Software
Selain dengan cara yang telah saya sebutkan diatas, memformat kartu memori yang bermasalah juga bisa dilakukan dengan menggunakan software khusus. Seperti software MMCmedic yang khusus untuk kartu MMC. Jika anda membutuhkannya, anda bisa download disini

Tags: , , ,

Category: Tips

About zikri: View author profile.

banner ad

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.