Overclocking

By on April 2, 2011 with No Comments
banner ad
banner ad

Overclocking adalah istilah yang digunakan ketika sebuah CPU dijalankan pada tingkat clock yang lebih tinggi dari yang telah ditentukan oleh produsen. Walaupun mungkin kedengarannya berbahaya, proses overclocking yang dilakukan sebenarnya dapat mempercepat operasi komputer untuk bisa menghindari jeda atau kelambatan selama waktu penggunaan. Proses ini juga melibatkan manipulasi komponen-komponen komputer yang berbeda, termasuk update BIOS dan driver OS.

Keuntungan Overclocking

Biasanya, overclocking adalah metode yang dilakukan oleh para penggemar komputer yang ingin membuat kapasitas komputer mereka menjadi lebih baik tanpa harus membayar untuk mendapatkan lisensinya. Dalam beberapa kasus, overclocking juga dilakukan untuk menjaga dan memperbarui sistem dengan persyaratan tanpa harus memerlukan komponen tambahan pada perangkat kerasyang baru. Sederhananya, overclocking memungkinkan pengguna komputer menghemat uang mereka sementara mereka masih mendapatkan kualitas kinerja di PC mereka.

Kerugian dari Overclocking

Mendorong komputer melampaui batas untuk menghasilkan konsekuensi yang tidak diinginkan, dan bagi mereka yang tidak berlatih dengan overclocking, hal ini dapat menyebabkan komputer menjadi rusak. Pertama-tama, pemilik yang PC yang overclock  sementara mereka masih dalam masa garansi untuk CPU, motherboard dan hampir untuk semua komponen lainnya. Hal ini karena overclocking sangat mempengaruhi berbagai macam hardware komputer, baik untuk menjadikannya lebih baik maupun lebih buruk.

Informasi

Metode Overclocking sangat bervariasi, tergantung pada perangkat keras komputer termasuk motherboard, CPU, RAM, sistem operasi, kartu video, kipas dan perangkat lain yang terpasang ke PC. Kabar baiknya adalah hingga saat ini sudah banyak sekali tempat-tempat yang mempunyai anggota yang mampu memberikan petunjuk dan dapat diandalkan ketika kita datang untuk melakukan  overclocking sesuai dengan informasi yang kita berikan.
Waktu Yang Dibutuhkan

Overclocking CPU memang membutuhkan waktu dan bagi mereka yang baru mencoba dalam melakukan pekerjaan ini tentu sangat perlu sekali kesabarannya. Namun, kita harus memahami jika proses overclocking dapat mengakibatkan kegagalan/kerusakan dan memerlukan proses kembali untuk memperbaikinya. Lebih buruk lagi adalah hal ini dapat merusak komponen komputer dan mau tidak mau akan memaksa kita untuk membeli komponen dan model yang sama dari komponen yang rusak tersebut.

Temperatur

Seperti disebutkan, komputer yang overclock bisa menimbulkanpanas yang luar biasa. oleh karena itu setiap pemilik komputer harus mengetahui persis seberapa cepat kipas mereka mampu menghilangkan panas komputer dan berapa lama komputer tersebut dapat bertahan.

Tags: , , , ,

Category: Tips

About zikri: View author profile.

banner ad

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.